Selasa, 10 Desember 2019

Anak Tidak Mau Menyusu dari Puting Bunda Mempengaruhi Kelekatan dengan Bunda

Yap, anakku Rayyan selama 3 bulan pertama susah banget kalau disuruh nyusu langsung dari PD aku. Paniknya aku sebagai orang tua baru yang ketakutan kekurangan kelekatan dengan anak sendiri secara akupun wanita kantoran yang gak bisa banyak ngeluangin waktu buat anak. Waktu menyusuilah yang bisa jadi bahan untuk menambah kelekatan dengan anak, kan!
Alhamdulillah anakku gak pernah aku kasih susu formula. Sesibuk apapun aku di kantor aku selalu nyempetin waktu untuk pumping. Pernah aku males pumping waktu itu berujung aku demam 40°C dan PD juga jadi keras dan sakit banget, untungnya waktu itu masih cuti 2 bulan. Makanya aku kapok, apalagi ASI ku alhamdulillah banyak banget. Nah karena saking banyaknya itu anakku kesulitan nyusu langsung mungkin karena saking mancernya jadi bikin kebesekan 😂 sampe sampe aku sengaja beli kulkas khusus frezer buat nyimpan ASI. Itu kulkas full banget dong!
Nah, dulu itu anakku kan gak mau nyusu langsung karena inisiasinya gagal mungkin ya dari awal, ada faktor ASI yang terlalu mancer juga, terus efek sebelumnya pakai pancingan pompaan gitu size putingnya jadi gak asli lagi makanya gak pas gitu kali di mulut bayiku. Akhirnya terpaksalah abis maghrib gitu suamiku keluar beli botol susu. Sampai sekarang kita ada nyeselnya juga sih kenapa gak sabaran waktu itu sampe beli botol susu segala, kenapa gak maksain anak latihan inisiasi aja. Waktu itu yang dipikiran kita sih emang kasian anaknya 3 hari gak ketemu ibunya dan gak ada asupan ASI sama sekali, perawatnya sih bilang gak apa-apa karena batasnya bayi itu masih nyimpan nutrisi dari dalem perut ibunya selama 3 hari, jadi masih kuat. Tapi kita gak yakin gitu takut bayinya malah kuning nantinya terus kelaparan juga.
Setelah dicoba pemberian ASI yang dipumping dan dimasukan ke dalam botol susu ukuran 50 ml, awalnya gak langsung mau juga sih, tapi akhirnya abis juga. Anakku itu anehnya gini... tadinya kita sempet ada was-was kok dia gak nangis, ya? Kok gak pipis, ya? Kok gak pup, ya? Ah, coba mikir aja begini, gimana mau pup atau pipis orang gak ada masuk ASI, terus gak nangis itu mungkin emang anaknya pinter kali gak cengeng. Soalnya setiap ayahnya nengokin ke ruang bayi (sebelum anakku dipindah satu ruangan sama aku) gak pernah keliatan nangis, dia melek anteng sementara bayi lainnya di sebelah dia pada nangis. Suamiku juga sampe nanya sama perawat bayinya anak ini tuh suka nangis gak sih? Setiap disamperin pasti lagi gak nangis, dan jawaban perawat katanya nangis kok tadi. Mungkin setiap ayahnya datang dia udahan nangisnya. Jadi inget juga waktu pertama tatap muka sama anakku waktu dia baru keluar dari rahimku... dia kan nangis kenceng banget, kata ayahku malah nangisnya paling kenceng dari bayi-bayi lain yang keluar sebelumnya.... tapi.... waktu dikasih tau sama perawat kalo didepannya ada bundanya, bayiku tuh langsung berhenti nangis. Ajaib! Dia buka mata kecilnya itu dan natap aku. Waktu itu singkat banget ketemunya, gak sampe bisa meluk atau cium, cuma bisa nempelin pipi doang ke pipi anakku. Tapi sumpah momen barusan itu indah banget, pertemuan pertama kali dengan malaikat kecilku yang sampe sekarang masih suka terbayang-bayang indahnya.
Balik lagi ke soal susah nyusu, ya!
Orang tuaku sebenernya gak masalah kalau Rayy kecil gak nyusu langsung dari PD aku, toh dia masih tetap nyusu ASI dari aku juga meskipun dari botol. Aku dan suami aja yang punya pikiran gimana caranya pokoknya kalau selama bundanya ada nih anak harus nyusu langsung, bukan pakai botol! Itu tadi masalahnya, KELEKATAN DENGAN ANAK. Ada perasaan gue kok gak guna buat anak gue. Gue pengen deket sama anak gue. Gue gak mau anak gue jadi anak neneknya. Akhirnya berbekal mbah google, dapetlah info tentang konsultasi laktasi. Ya, udah tanpa nunggu lama langsung besoknya aku bawa anakku ke klinik laktasi di rumah sakit tempat aku kerja.
Di klinik Laktasi itu kita dikasih banyak info seputar menyusui. Cara kita menyusui juga dipelajari lagi gimana caranya yang sebenarnya supaya nyaman dan gak sakit gitu ke kitanya. Tapi awal-awal anakku luuuaaarrrr biasa susahnya disuruh praktek nyusu langsung dari aku gitu, udah kaya disiksa diapain gitu nangisnya. Selain itu juga dia sering tidur dan susah banget dibangunin nyusu. Padahal harusnya tiap 2 jam dia bangun untuk nyusu kalau menurut saran medis. Nah, siangnya. Aku bawa anakku berobat ke dokter anak, dr. Ratna namanya (dokter kesayangan Rayyan). Rayyan itu waktu awal bayi sering ada ruam-ruam merah, ternyata dia alergi bahan-bahan susu sapi gitu, alergi dingin juga dan alerginya itu diturunkan dari aku, bundanya. Parah banget alerginya sampe semuka sebadan penuh. Kalau ngolesin salep itu udah kaya ngolesin lotion hand body. Hmm...
Di depan dr, Ratna aku sekalian konsultasi kalau anakku ini tiap maghrib dan jam-jam tertentu serign nangis gak jelas dan berenti di jam tertentu. Kalau kata dokter itu mungkin kolik.

Kolik pada bayi adalah situasi saat bayi yang dalam kondisi sehat sering menangis secara berlebihan. Situasi yang terjadi pada sebagian bayi ini jarang dianggap sebagai sebuah gangguan kesehatan dan sering tidak terdiagnosis. Umumnya kolik terjadi pada beberapa minggu awal setelah bayi lahir dan akan berhenti setelah usia bayi 4 bulan. Biasanya bayi menangis di waktu petang dan sulit diredakan hingga beberapa jam.

Dr. Ratna bilang kemungkinan Rayyan kolik karena botolnya gak anti-kolik. Terus kalau misal maghrib gitu bayi harus selalu ditemenin, kalau dia nangis mungkin ada yang dirasa gak nyaman sama si bayi, entah popoknya atau dia lapar atau cuma sekedar pengen digendong. Nah, aku sekalian nih cerita sama dr. Ratna kalau anakku tuh suka gak mau nyusu langsung dari PD aku. Sedih aku tuh. Ah, masa sih? Dr. Ratna aja ampe gak percaya. Akhirnya aku dites nyusuin depan bu dokter. Eh, ajaib banget! Rayyan mau dong nyusu lancar jaya. Nih anak kaya cari muka gitu kalo depan dr. Ratna. Wkwkwkwk! Lega banget akhirnya dia mau nyusu. Sarannya dokter kalau emang mau anaknya nyusu ke aku langsung kalau bisa ya jangan dikasih botol biar anak gak bingung puting. Karena sekarang dia udah mulai kenal puting, jadi harusnya jangan dikasih botol susu lagi. Tapi ya gimana... aku kan sebentar lagi masuk kerja juga dan jarak kantor ke rumah jauhnya 2 jam lebih.
Hari itu aku kasih tau mamaku, pokoknya kalau selama aku ada di rumah anakku harus nyusu langsung sama aku, gak boleh pake botol. Tapi agak susah ya mamaku pengennya cepet aja gitu. Udah maen sedia-sediain susu dibotol gitu. Tiap anak nangis langsung kasih botol. Aku sempet ngerasa kurangnya dukungan lingkungan untuk aku meng-ASI-hi anakku dan itu bikin aku stress banget sama suamiku juga. Secara kita masih tinggal sama orang tuaku, selama aku kerja anakku mamaku yang asuh. Jadi sistem pengasuhan anak masih banyak campur tangan orang lain. Sedih, sih. Pengen berhenti kerja demi anak tapi banyak pertimbangan lainnya juga. Kalo susu dibotol udah mau abis tuh mamaku langsung nyuruh mompa supaya ada stok susu baru yang fresh gitu, kalau susu yang dari frezer kan lama lagi prosesnya kalau mau bisa diminumin ke bayi. Aku sama suamiku aja aneh, ngapain susah-susah coba, kan tinggal langsung nyusu sama bundanya ngapain dipompa-pompain. Makanya kadang kita sengajain juga sih biar kalaupun aku mompa tapi langsung taruh di frezer. Jadi kalo pas anak nangis bisa langsung nyusu sama aku.
Akhirnya tuh, usia Rayyan 6 bulan dia udah gak mau nyusu lagi dari botol, sama sekali gak mau! Dia cuma mau nyusu langsung dari aku. Makanya mamaku kelabakan juga kayanya nungguin aku pulang kerja. Anakku langsung anteng nyusu setiap aku pulang kerja. Sebelum berangkat juga aku susuin dulu. Tapi semakin kesini dia semakin lengket nyusunya, sampe akhirnya tiap hari anakku ikut aku berangkat kerja plus mamaku juga tentunya. Bukan ikut kerja, ya... jadi, kita tuh kan sedia kost gitu dekat tempat kerjaku. Nah, selama nungguin aku kerja tuh mamaku sama anakku ya diam di kosan gitu. Mau gak mau mamaku jadi begitu tiap hari karena Rayyan cuma mau nyusu sama aku. Yang tadinya jam 12 nyusu jadi jam 11 terus makin kesini jadi jam 10-an gitu. Makanya mama suka bawa anakku ke kantor tiap waktunya anakku nangis minta nyusu. Selama nunggu itu biasanya mereka jalan-jalan, belanja maen kemana gitu. Anakku emang ga bisa betah diem di satu ruangan lama-lama. Jadi kayanya udah gedenya dia gak akan mabok perjalanan kalo pergi-pergian jauh. Dari waktu hamil dia aja pulang pergi kerja kan 2 jam gitu diem dimobil gitu dia selalu aktif nendang. Kalo udah di rumah dia tidur. Emang anaknya doyan jalan-jalan kayak bundanya 😂
Kalau dibilang menyusui itu menambah kelekatan anak dengan ibunya itu ternyata bener loh. Memang ada banyak cara ya untuk dekat sama anak, tapi dengan pemberian ASI secara langsung touch gitu itu pengaruhnya lebih besar loh! Coba deh bunda singkirin dulu gadget saat menyusui si kecil, fokus dengan melihat wajah mungil itu, tatap wajahnya, biarkan dia menyentuh kita, biarkan tangan mungilnya menyentuh wajah kita. Si kecil itu sambil menyusui sambil memperhatikan bundanya loh. Lihat dia tersenyum. Lucu deh! Dia tuh fans nomor satunya bunda. Jadi luangkan waktu bunda saat menyusui, jadikan saat yang sakral bagi bunda dan si kecil berdua untuk saling mengenal lebih dekat, karena disaat itulah dia merasa paling aman dan nyaman dalam dekapan bunda.
Sayang banget 6 bulan awal usianya Rayyan terlalui gitu aja karena dia belum pintar menyusu langsung dari puting bunda. Sekarang Rayyan udah mau 2 tahun dan dia masih demen banget nyusu. Pikir-pikir coba kalau dari awal kamu pintar nyusunya, nak... mungkin lebih puas kamu sampai 2 tahun ini. Sekarang udah dekat waktunya kamu berhenti nyusu baru kamu lengket banget kaya gini. Tapi setidaknya Rayyan berhasil jadi bayi ASI eksklusif! Horeee!
Inti dari menyusui itu bunda harus yakin kalau ASI bunda banyak. Tanamkan itu dipikiran bunda! Kalo bunda merasa duh ASI saya sedikit, pakai formula aja deh. Itu salah besar! Semuanya berawal dari pikiran bunda. Kalau bunda selalu tanamkan dipikiran bunda ASI saya banyak Insha Allah akan banyak. Bunda juga gak boleh stress. Boleh dibantu dengan makan sayuran hijau seperti katuk dan bayam, tapi itu gak akan terlalu berpengaruh kalau pikiran bunda tetap tidak yakin kalau bunda bisa memberikan ASI eksklusif untuk anak. Kalau aku sendiri sih aku meyakinkan diri aku dan aku pengen banget jadi pejuang ASI seperti mamaku. Aku udah cukup kecewa ga bisa lahiran normal, jadi aku gak boleh kehilangan moment penting meng-ASI-hi anakku juga, kan! Ya, keuntungannya juga aku jadi gak perlu keluar duit buat beli susu formula kaya orang lain. Kalau malam lagi enak-enak tidur dan anak kebangun minta susu, aku gak perlu bangun bikin susu, tinggal buka aja beres! Senikmat itu, loh jadi pejuang ASI! Orang bilang menyusui juga malahan salah satu cara diet alami setelah melahirkan. Dan ada seorang pasien kanker payudara yang cerita kalau dia diberi tau oleh dokter di sebuah rumah sakit ternama di Kota Bandung kalau menyusui itu memang harus supaya terhindar dari penyakit kanker payudara, mungkin maksudnya bisa mengurangi resiko dari terkena penyakit itu.
Buat para bunda yang males nyusuin ada juga yang kasih alasan karena takut bentuk payudaranya berubah atau kendor. Duh, andaikan kalian tau nikmatnya menyusui. Luka pasca melahirkan juga lebih cepat sembuhnya kalau kita menyusui. Tapi itu semua terserah pilihan para bunda masing-masing di luaran sana. Kalau aku, aku merasa lebih bahagia dengan menyusui anakku. Meskipun ada aja drama puting digigit anak yang baru tumbuh gigi ketika ia ingin mengeksplor fungsi gigi miliknya yang baru tumbuh. Jalani dan nikmati. Semua akan cepat berlalu dan ketika berlalu kita akan merindukan saat itu ketika anak sudah semakin besar.
Oh, iya. Anakku sempet kuning juga. Mungkin karena 3 hari gak diberi susu saat di rumah sakit, karena aku lahiran sesar kan jadi gak bisa langsung ketemu anak, harus nunggu aku pulih dulu baru bisa diketemukan dan menyusui. Ditambah lagi dia lahir di musim hujan, jadi ga bisa dijemur karena gak  bisa ketemu matahari 😣 untunglah anakku minum ASI nya bagus (meskipun pake botol susu) jadi gak perlu sampe dirawat, cukup perbanyak minum ASI aja. Alhamdulillah anakku cepet normal lagi. Iya, kan ASI itu minuman ajaib buat bayi! 😍 

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates