Selasa, 24 Desember 2019

Khitanan Anakku

Gak kerasa udah tanggal 23 Desember aja. Sesuai rencana Rayy Oppa dikhitan hari ini. Awalnya aku biasa aja sih gak ada grogi atau tegang dari awal berangkat dan selama di rumah, malahan malamnya aja masih sempet nonton drakor ampe lewat tengah malam. Kaya biasa aja gitu gak mikir macem-macem.

Yang jadi masalah itu beberapa hari sebelum tanggal sunat, Rayy susah makan gitu kayanya stress gitu kali ya kepikiran kalo kata amihnya nih. Dia sampe jadi kecil mencos gt 😭 
Malam sebelum sunat Rayy tidurnya gak tenang gitu, kebangun berkali-kali minta nyusu tapi kaya gak tenang gitu. Ni anak apa iya berasa gitu ya karna mau ngadepin sunat? Anak segede dia gitu?
Paginya, kita berangkat sekitar jam 07.30 ke Klinik Anugrah, tempat khitanan. Pak suami daftar, dimintalah uang Rp 5000 buat kartu berobatnya gitu kali ya. Belum selesei ngobrol sama bagian pendaftaran tiba-tiba nama anakku dipanggil. Gila! Secepet itu, ya? Emang sengaja sih kita datang siangan karena kebanyakan orang datang kesitu nyubuh pagi-pagi gitu, makanya antriannya banyak. Beruntung aku tanya-tanya dulu sama yang udah pernah pengalaman kesitu, jadi kita sampe disana sekitar jam 8an dan emang bener kosong. Kita yang kebagian daftar duluan, baru habis itu ada pasien lain.
Waktu nama Rayy dipanggil dia kebetulan lagi digendong apihnya. Seorang perawat laki-laki mengambil alih Rayy dari tangan apihnya. Dia minta tolong supaya sepatunya Rayy dilepas. Buru-buru kita lepas sepatunya, secepat kilat dia bawa anakku masuk ke ruang tindakan dan pintupun ditutup. Pihak keluarga gak ada yang boleh masuk satupun. Tiba-tiba perasaan cemas tegang muncul. Mataku mulai berkaca-kaca. Aku ngerasa kasihan anakku sekecil itu harus dibedah gitu. Anehnya gak kedenger kalo dia nangis, ayahnya sampe nguping-nguping dipintu tapi gak denger apa-apa.
Gak lama nama anakku dipanggil lagi dari loket gitu. Orang yang di loket itu ngasih obat sirup gitu 2 botol, antibiotik dan obat nyeri, sama 1 botol antiseptik buat ngerendam luka dihari kamisnya nanti (hari sunatnya ini hari seninnya). Untuk biaya khitannya sebesar Rp 550.000. Selain itu aku juga beli celana khitan 2 biji (kurang sih kayanya, karena kepipisin dua-duanya dimalam yang sama. Sebelumnya udah beli di online juga 1). Celana sunat itu lebih murah beli di online sih sebenernya.. 2x lipatnya daripada beli di klinik, Rp 30.000.
Gak lama setelah pembayaran. Seorang anak yang ditindak duluan sebelum Rayy dibawa keluar ruang tindakan dengan cara digendong perawat laki-laki, keluarnya tuh dari arah belakang bagian pendaftaran. Waktu anak itu liat mamanya dia langsung nangis. Aku jadi langsung kebayang Rayy bakalan gimana ya pas keluar nanti. Nah, gak lama dari anak itu akhirnya Rayy keluar dengan cara yang sama. Lemes gitu dia keliatannya, agak menyeng-menyeng tapi gak sampe nangis gimana gitu. Jagoan banget deh! Terus kita juga dikasih foto waktu proses khitannya pakai bingkai sederhana gitu, kalau bukan ambil VIP gak akan dikasih bingkai foto. Dah, kelar deh khitannya, tinggal pulang.
Selama di jalan pulang Rayy gak ada ogo-ogo gimana gitu. Dia nyusu terus sampe ketiduran. Sampe di rumah diganti celana yang longgar terus udah bisa jalan-jalan, maen sama temen-temennya (itu waktu belum kerasa sakitnya maybe). Agak siangan dia mulai ngeluh auh auh gitu nangis sebentar. Berhubung masih pake ASI jadi lumayan gampang nenanginnya, tiap dia kerasa sakit langsung jejelin ASI aja langsung diem.
Di kamar, Rayy kita posisiin tiduran terus biar gak banyak gerak. Tumbennya dia nurut, biasanya gak bisa diem loh. Kalau banyak gerak kan katanya bisa bengkak lukanya. Dan luka sunatan itu ternyata berair gitu ya.
Kita salut banget sama Rayy bisa anteng gitu meskipun keliatannya itu sakit banget. Seolah dia udah dewasa bisa nahan rasa sakitnya, meskipun kadang dia suka bercanda sendiri tangannya gak bisa diem atau tiba-tiba malik gitu minta dikipasin pantatnya kaya kebiasaan dia kalau abis ganti popok, lupa gitu dia kalau lagi terluka 🤣 Rayy juga suka pasang macam-macam mimik muka lucu gitu sambil nonton kartun kesukaannya di TV. Sengaja dikasih tontonan terus biar betah tidurannya, karena kalo dikasih mainan gitu takutnya malah gak sengaja kena ke lukanya.
Hari ini hari ke-2. Lukanya udah berkurang keluaran cairan-cairannya gitu, tapi yang asalnya cairan bening yang keluar, sekarang mulai seperti darah gitu yang keluar dan mengering di sekitar testisnya tapi keluarnya gak banyak seperti cairan bening kemarin.
Oh iya, sejak disunat itu Rayy kayanya takut buat pipis apalagi BAB. Dia baru kelepasan pipis itu malam harinya, makanya warna urinnya kelihatan pekat agak merah gitu. Sebelumnya dia sempet demam juga sampe 39°C, tapi setelah dia pipis langsung hilang lagi demamnya. Kalau untuk BAB dia belum bisa sih, padahal udah ngegas terus 😜
Segitu dulu deh. Intinya bersyukur banget Rayy gak ogo, padahal anaknya suka jerenges gitu biasanya. Padahal aku udah ngira-ngira kemungkinan bakalan begadang ngurusin dia nangis malem-malem kesakitan, tapi alhamdulillah gak ampe kaya gitu. Tidur kita ya normal-normal aja di hari pertama setelah Rayy dikhitan. Semoga malam ini dan seterusnyapun bisa tidur nyenyak, dan semoga anak kami cepat pulih lagi. Amin 😍

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates