Selasa, 10 Desember 2019

My Baby Boy


Lama gak nulis blog nih 😁 
Setelah kesedihanku tentang keguguran berlalu, 5 bulan kemudian aku dipercaya lagi sama Allah SWT untuk hamil lagi. Alhamdulillah. Tapi jujur aku masih suka kepikiran andai anakku yang pertama juga ada. Andai anakku sekarang udah dua. 
Waktu aku hamil yang kedua ini aku sering banget bed rest kalau misal ada flek sedikitpun karena riwayat kandungan lemah dulu dan keguguran itu. Untungnya aku udah ga kerja di bagian IGD lagi jadinya gak terlalu capek.
Waktu aku hamil Rayyan nih aku mabok banget sampe usia kandungan 6 bulan. Abis makan pasti oek 😂 terus pengenya sea food gitu ngidamnya, sayangnya ga kesampean karena setiap pengen sea food pasti lagi hari libur nasional jadinya tutup gitu kedai-kedainya.
Usia kandungan 6 bulan Si Baby tuh masih sungsang. Alhamdulillahnya gak lama, pas 7 apa 8 bulan gitu udah pas posisinya... tapi... panggul aku tuh sempit, jadi kepala bayi gak mau turun. Padahal aku jalan-jalan jauh terus, muterin lapangan, loncat-loncat, gym ball tiap sore, sholat duha, sering nungging-nungging gt, senam hamil berbekal youtube (dengan ijin dokter kandungan aku juga ya tentunya). Sedih bangetnya campur kesel pas orang-orang ngomong "anakmu pasti sesar lahirannya abisnya duduk terus," 🙄 Perasaan aku meskipun hamil gede masih suka bangun moto kopiin berkas pasien, deh. Masih suka nyempetin duha berharap dimudahkan gitu kalo sujud-sujud (maaf, gak maksud ria). Ngerti gak sih kalo lagi hamil tuh sensitif banget, butuh dukungan, bukan tudingan ini itu?
Selama hamil waktu itu tuh aku akuin emang aku cengeng banget, banyak kesinggung di rumah dan di tempat kerja (apalagi di rumah). Padahal kata orang kalo lagi hamil itu harus bahagia biar anaknya ga cengeng. Hahaha gak tau bener apa ngga, tapi kayanya emang ngaruh 🤔
Usia kehamilan 41w aku tadinya niat kontrol biasa, soalnya aneh banget aku belum ngerasa mules-mules gitu, belum ada flek juga. Padahal temen di kantor yang sama lagi hamil juga kaya aku udah lahiran. Gak sabar tapi takut juga sih aku mikirin lahiran. Eng i g eng! Aku di usg tuh kan ya... dapet kabar gak ngenakin dong 😣 plasentanya udah banyak banget pengapurannya, ini cairan ketuban udah banyak berkurang meskipun banyak minum tapi gak bisa masuk nutrisinya karena plasentanya udah jelek gitulah istilahnya. Parahnya kepala bayi belum mau turun juga. Udah di PD sama dokter tetep aja ga ada pembukaan. Sampailah akhirnya pada keputusan kita sesar aja, ya! 😭
Sedih banget aku, tuh! Tapi senengnya bisa segera bertemu si buah hati. Aku sebelumnya pengen banget ngusahain lahiran normal makanya niat banget naik turun tangga tinggi-tinggi, loncat-loncat tinggi juga, ini itu yang mitosnya bisa bikin kepala bayi cepet turun biar bisa lahiran normal. Tapi dokter nasehatin aku, dengan keadaan kandungan aku kaya gitu bisa bahaya kalau maksain lahiran normal, ada yang disebut gawat janin dan tentunya kita gak mau itu kejadian. Setelah rembukan beberapa jam akhirnya keluarlah keputusan dari ayahku, gak apa-apa oprasi yang penting sehat dua-duanya, daripada maksain normal tapi membahayakan. Dokter bilang, ibu jangan maksain harus normal, kita harus ikutin maunya bayi, bukan mau ibunya. Ya, udah deh akhirnya sabtu malam itu, 6 januari 2018 aku melahirkan anak lelakiku lewat jalan operasi sesar tepat pukul 23.11 WIB.
Seneng dong buah penantian berakhir manis! 😍 sedihnya juga ada. Pertama kali jadi seorang ibu tentunya masih buta ngurusin bayi itu gimana meskipun dulu udah pernah ngurusin adik kandung waktu masih bayi. Ada aja yang bikin emosi. Lagi banyak tamu di rumah, pak suami sibuk sama tamu-tamu dan kebetulan aku perlu bantuan, jadi tiba-tiba kaya ngerasa sendirian aja gitu. Kaya capek sendiri ngurusin bayi sedangkan kondisi badan sendiri juga belum pulih. Suami masuk kamar sebentar udah dipanggil-panggil lagi keluar, boro-boro bantuin ngasuh. Capek banget hati, tuh. Ampe tangan dan kaki kepake semua 😂 itu kali ya yang namanya sindrom baby blues. Belum lagi si bayi sampe umur 3 bulan sering nangis gak jelas ampe dipanggilin ustad gitu, katanya sih ada hubungannya sama hal hal gaib di rumah gitu.
Lahiran sesar itu bukan hal yang mudah loh! Kalo normal biasanya orang bilang seolah jadi ibu yang sempurna. Tapi bukan berarti lahiran sesar itu enak dan gak sakit ya ampe dibilang gak sempurna? Siapa sih yang pengen sesar dari awal? Harus punya bekas luka besetan diperut sepanjang itu. Sakitnya juga ga sebentar loh masih berlanjut berbulan-bulan, malahan udah berapa tahun kadang masih kedut-kedut gitu, apalagi kalo sampe jadi keloid, beuuhhh gateeeellllll banget! Jadi kalo ada yang ngomong manja banget sih pake sesar segala dibelek belek segala, tetangga sebelah aja normal kok, baik anaknya gak pake minta dibelek belek gitu. Fix itu orang gak punya perasaan atau gak punya pikiran! Mainnya kurang jauh ya bu? Jangan disamain deh orang jaman dulu sama jaman sekarang. Selama hamil sering kontrol itu kan bagus buat jaga-jaga takutnya kalo gak dicek nanti ada apa-apa sama si jabang bayi kan amit-amit. Eh, ini dibilang apa-apa ke dokter terus, mahal. Jaman dulu ga pernah ke dokter tapi bisa lahiran normal anaknya sehat-sehat, gak pake USG USG-an segala. Zaman dulu kan mana ada USG! 😂 jadi kalo anaknya kenapa-kenapa ya baru ketauan setelah lahir nanti. Biasanya yang suka ngomong gitu kan ibu-ibu lama ya... yang seharusnya itu mengerti bagaimana perasaan kita sesama perempuan yang pernah hamil, gimana sensitifnya perasaan bumil, bukannya malah nyinyir dan menyindir. Kalau kita lakuin ini itu anjuran dokter yang malah kita disalahkan... alah, kalo dokter pasti ngomongnya gitu terus ini ga boleh itu ga boleh. Misalnya kita bicara soal tradisi adat istiadat di masyarakat yang menurut dunia kedokteran itu gak perlu dan ga ada gunanya. Padahal kan kalo dokter yang ngomong berarti udah melalui penelitian terbaru, ya. Tapi ya ibu-ibu itu selalu merasa paling benar dan dokter yang salah, padahal kalo dianya dibawa ketemu langsung sama dokternya dan denger langsung penjelasan dokternya pasti dia manut-manut iya aja tuh! 🤣
Mau gimana sedihnya aku kemarin-kemarin abis hamil tapi tetap ngerasa lebih beruntung juga sih. Soalnya denger-denger dari temen-temen yang lain suami mereka gak ada yang stand by sebegitunya kaya suamiku, yang nemenin semaleman di ruang picu, ngangetin aku yang kedinginan karena efek obat bius, mijitin aku terus, ngelapin keringatku juga. Syukur alhamdulillah suamiku mau cuti seminggu buat nemenin aku. Padahal dulu waktu aku hamil aku sering nangis minta suami pulang (maklum kita LDR), ternyata dia nabung cuti biar bisa nemenin aku setelah lahiran. Alhamdulillah banget lagi anakku sehat banget, montok pula, beratnya 3,6 kg. Sayangnya dia ga mau langsung nyusu dari dada aku 😭 soal ini kita bahas di postingan selanjutnya aja biar gak terlalu panjang postingan yang ini 😁

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates